PERAN GURU BK DI MASA PANDEMI COVID-19

PERAN GURU BK DI MASA PANDEMI COVID-19

 

Oleh : Martiana Setyawati, S.Pd.

Guru Bimbingan Konseling

SMK Muhammadiyah 2 Sragen

Email : martianasetyawati@gmail.com

 

Berbicara tentang guru BK, kita akan berfikir mengenai bimbingan dan konseling.  Bagi siswa yang sudah mengetahui tentang bimbingan dan konseling tentu mereka akan melakukan interaksi yang baik terhadap guru BK. Seorang guru sangat berperan penting terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Termasuk guru BK. Guru BK sangat diperlukan dalam proses pembelajaran diberbagai jenjang pendidikan. Karena tidak dipungkiri, setiap instansi memerlukan bimbingan dan konseling.

Namun, saat situasi dan kondisi di masa pandemi yang seperti ini, pemerintah telah menerapkan sistem belajar dari rumah atau biasa disebut dengan WFH. Sehingga siswa kurang efektif dalam melakukan konsultasi terhadap guru BK karena tidak adanya pembelajaran tatap muka. Adanya interaksi tatap muka guru dan siswa bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemajuan proses belajar siswa. Dengan adanya proses pembelajaran daring sesuai intruksi menteri pendidikan, maka guru harus benar-benar memperhatikan belajar siswa yang dilakukan secara online. Hal ini menjadi PR serius untuk guru BK agar memotivasi anak didiknya untuk tetap semangat belajar dari rumah meski di masa pandemi.

Saat situasi seperti ini, layanan konsultasi online adalah suatu bimbingan atau penyuluhan yang harus diberikan guru BK  untuk membantu kondisi siswa yang sedang mengalami masalah atau memiliki hambatan tertentu dan membutuhkan bantuan untuk menemukan jalan keluar masalah. Di mana pembelajaran kali ini hanya bisa dilakukan melalui media online seperti Whatsapp, Instagram, maupun Youtube.

Salah satu layanan konsultasi yang sebaiknya diberikan oleh guru BK yaitu konsultasi bagi siswa kelas XII, karena tidak menutup kemungkinan banyak siswa kelas XII yang masih bingung menentukan arah karir setelah lulus, apalagi saat situasi seperti sekarang ini, di masa pandemi Covid 19 banyak perusahaan yang membatasi jumlah karyawan baru atau bahkan tidak menerima sama sekali penambahan karyawan serta pendaftaran Universitas juga dilakukan dengan sistem online yang kadang membuat siswa bingung. Sebelum masa pandemi, konsultasi dilakukan secara langsung dimana siswa yang ingin konsultasi bisa menemui guru BK. Tetapi sekarang, karena situasi yang tidak memungkinkan untuk tatap muka, maka banyak siswa mengalami kendala untuk bisa konsultasi secara langsung, Akhirnya semua pelayanan dilayani dengan konsultasi secara online.

Tak hanya itu, guru BK juga perlu dilibatkan dalam proses daring maupun pembelajaran jarak jauh. Sebab, sebagaimana kita pahami bahwa BK diperuntukkan bagi penyelesaian masalah siswa. Selain itu, peran pelayanan BK sangat penting terhadap tercapainya pendidikan karakter siswa. Dampak sistem pembelajaran jarak jauh dikhawatirkan terjadinya penurunan nilai karakter tiap siswa. Hal ini dapat dipantau dari cara siswa berkomunikasi ke gurunya dan cara  mengerjakan penugasan  setelah diberikan materi ajar, serta  laporan orang tua tentang sikap anak selama di rumah.

Peran guru BK tidak serta merta digantikan oleh guru mata pelajaran, sebab guru BK memungkinkan untuk fokus pada masalah siswa, berbeda dengan guru mata pelajaran yang hanya fokus pada pencapaian hasil belajar siswa.

Masa Pandemi covid 19 bukan menjadi penghalang untuk siswa menjadi maju dan berprestasi, maka dari itu peran Guru BK senantiasa lebih ditingkatkan lagi dalam membimbing dan memberi motivasi agar para siswa tetap merasa nyaman walaupun belajar dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *